Thursday, June 9, 2016

Manfaat Air Wudhu bagi Kesehatan

Manfaat Air Wudhu bagi Kesehatan
Manfaat Air Wudhu bagi Kesehatan - Pada suatu hari, Fatimah ra, putri rasullah datang ke rumah Nabi saw sambil menangis. Rasul kemudian bertanya, "Kenapa kamu menangis, putriku?"

"Aku sangat bersedih karena mengetahui para pemuka Qurays sekarang sudah mengikat janji dan bersumpah atas nama Tuhan mereka, Latta, Uzza, dan Manat. Mereka sudah menyiapkan banyak uang untuk siapa saja yang berhasil melukai ayah."

Nabi saw lalu berkata, "Tenanglah Fatimah, Allah akan memberikan pertolongan-Nya. Sekarang, bawakan air untukku! "Perintah Nabi Saw.

Fatimah segera melaksanakan perintah ayahnya. Lalu Nabi saw berwudhu dan pergi ke masjid. Ada satu hal yang tidak biasa, ketika Nabi Saw keluar rumah, orang-orang Qurays yang melihatnya hanya menunduk dan tidak ada satu pun yang berani mengangkat kepala.

Setelah membaca  kisah diatas kita dapat mengetahui bahwa wudhu memiliki peranan yang besar bagi kehidupan seorang muslim. Tidak diragukan lagi manfaatnya yang sangat besar bagi kesehatan secara umum.  Berikut keajaibaan wudhu bagi kesehatan antara lain:

1.  Berkumur-kumur, penelitian modern menetapkan berkumur-kumur dapat menjaga mulut dan tenggorakan dari peradangan dan menjaganya dari terjadinya peradangan gusi. Hal ini karena berkumur-kumur berfungsi memelihara gigi dan membersihkannya dari sisa-sisa makanan yang masih menempel. Manfaat lain yang sangat penting adalah ia dapat menguatkan sebagian urat wajah dan menjaga kebersihannya. Ini merupakan suatu latihan penting yang telah dikenalkan oleh para pakar pendidikan olahraga.

2. Membasuh hidung, orang-orang yang berwudhu secara terus menerus hidungnya akan bersih dari debu, kuman, dan bakteri. Fakta tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan kelompok dokter di universitas Alexendria.

3. Membasuh wajah dan kedua tangan hingga kedua siku memiliki manfaat yang sangat besar dalam menghilangkan keringat dari permukaan kulit, Air wudhu juga berfungsi membersihkan kulit dari kandungan minyak yang tertahan di kelenjar kulit.

4. Membasuh kedua kaki, karena pada kaki terletak semua urat yang berhubungan dengan seluruh anggota badan, membasuh kedua kaki dengan sambil memijat-mijat dengan baik akan menciptakan perasaaan tenang dan nyaman, .

5. Rahasia lainyanya menurut penelitian ilmiah peredaran darah di bagian atas anggota badan, kedua tanggan, kedua lengan, bagian bawah badan seperti kedua telapak kaki dan kedua betis termasuk lemah. Sebab tempatnya yang jauh dari pusat peredaran darah, yaitu jantung. Jika anggota ini semua dibasuh seraya dipijat-pijat dengan penuh perhatian maka hal ini akan berdampak memperlancar perederaan darah sehinga menambah stamina tubuh.


No comments:

Post a Comment

New Post

Mengikuti Bacaan Muazin

Mengikuti Bacaan Muazin - Jika seseorang mendengar azan, hendaknya dia mengikuti bacaan tersebut berdasaran sabda Nabi Saw., "Jika ...

Pages - Menu